Jumat, 31 Desember 2010

Pemprov Maluku Koordinasikan Kesiapan MTQ Nasional

Pemerintah Provinsi Maluku menggelar rapat koordinasi untuk membahas persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIV tingkat nasional yang dijadwalkan berlangsung di Ambon tahun 2012.
“Kegiatannya baru akan berlangsung Juni atau Juli 2012. Rapat yang melibatkan berbagai pihak ini membicarakan persiapan mulai 2011,” kata Ketua Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Maluku Rahman Soamena, usai memimpin rapat koordinasi, di Ambon, Rabu.
Menurut dia, kegiatan MTQ tingkat nasional yang akan diikuti 1.980 peserta dari 33 Provinsi itu direncanakan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
“Seluruh undangan termasuk rombongan Presiden dan para peserta dari 33 kontingen yang akan hadir di Maluku berjumlah 2.580 orang,” kata Soamena.
Jenis mata lomba yang akan dilombakan terdiri dari enam cabang yakni Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran dan menulis kandungan Alquran.
“Untuk cabang Tilawatil  Alquran dibagi enam jenis golongan mata lomba yakni Tartil Quran anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba,” ujarnya.
Sedangkan cabang Hifzil Quran terdiri dari lima jenis lomba yaitu 1 (satu) juz dan Tilawah, 5 (lima) juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.
Cabang Khattil Quran terdiri dari empat jenis lomba yakni Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi dan Kaligrafi Kontemporer.
“Pelaksanaanya tidak saja di kota Ambon tetapi juga di Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat untuk beberapa jenis lomba,” tandas Soamena.
Kegiatan MTQ tersebut juga diiisi dengan sejumlah kegiatan lainya antara lain pawai Taaruf, pameran serta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LPTQ.
Dia menambahkan, guna menyukseskan kegiatan nasional itu, Pemrov Maluku mulai merehabilitasi sejumlah sarana termasuk membangun gedung Islamic Centre dan Tribun terbuka di lokasi Lapangan Merdeka Ambon.
Diperkirakaan kegiatan bertaraf nasional itu akan menelan dana sebesar Rp62,7 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar