Rabu, 29 Desember 2010

Rusia dan MTQ Internasional

Total Read

Foto : Dokumen Pribadi ( Syaripudin Zuhri )
Banyak diantara kita yang mungkin belum tahu, bahwa negara Rusia telah menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Internasional yang sudah kesupuluh kali ! Mungkin dalam pikiran masyarakat kita di Indonesia, masih saja ” tercuci otaknya” bahwa Rusia adalah komunis  sampai saat ini, bahkan sering kita temukan mereka masih menyebut Rusia dengan Uni Soviet ! Padahal Uni Soviet sudah ” almarhum” sudah “mati” dan tak ada lagi di peta dunia modern sejak dua dekade terakhir, tepatnya sejak runtuhnya komunis di Uni Soviet tahun 1991. Jadi tegasnya Rusia bukan lagi komunis dan komunis bukan Rusia, komunis telah hancur luluh lantak di “kandang” sendiri dan komunis sudah ” tak laku di jual ” di negara kelahiranya sendiri, apa lagi di negara lain !

Rusia membuat gebrakan lagi di dunia Islam, kali ini menyelenggarakan MTQ internasional yang ke X diselenggarakan pada hari Minggu tgl 21 Juni 2009 lalu mulai jam 14.30 wm sampai selesai di Conser Hall Korolevsky di Jalan Akademi Karolewa 15 Moskow, masuk dari pintu gerbang ke menara Tower Ostankino.
Dengan sponsor dari : Kesultanan Oman, Quwait, Kerajaan Saudi Arabia dan Republik Islam Iran. Di buka oleh Mufti Rusia Imam Ravil Gaitnuddin, dengan latar belakang panggung Ka’bah (Tengah ) Masjid Prospek Mira (lama) di sisi Kanan dan Majid Propek Mira(Baru) di sisi kiri. Pembawa acara dengan dua bahasa : Rusia dan Arab.
Dewan Juri dari : Saudi Arabia, Malaysia, Iran, Rusia dan Mesir. Peserta yang menghapal al Qur’an ( Hafiz) utusan dari negara : Tajikistan, Marokko, Rusia, Mauritania, Kazastan, Palestina, Saudi Arabia, Kirgistan, Bulgaria, Oman dan Afrika Selatan. Dan pembaca al Qur’an ( Qori ) utusan dari negara : Indonesia ( Mendapat undian No 1, namanya Muhammad dari Demak, pernah juara I internasional di Brunai Darussalam tingkat remaja, tahun 2007 ) berikutnya dari Tajikistan, Malaysia, Turky, Afrika Selatan, Mesir, Rumania, Finlandia, Norwegia, Rusia, Cina, Iran dan Al Jazair.
Siapa yang menduga dari negara-negara Baltik ( Finlandia dan Norwegia ) ada Qori ? Dan siapa yang mengira dari Rumania, negara Eropa Timur ada Qori ? Dan yang lebih mengejutkan, Cina yang pada dewasa ini masih menganut paham komunis mengirim Qorinya ? Dan mendapat sambutan yang gegap gempita, mengapa ? Karena dari negara yang athies ternyata Islam tak bisa diberhangus, malah ada pembaca Al Qur’an terbaik dari negara Cina tersebut.
Rusia mengirim dua orang qorinya, semuanya menakjubkan, semuanya membuat terharu, di negara eks komunis Rusia telah menyebar cahaya Allah, saat MTQ ke X berlangsung suasana seperti bukan di Rusia, di sana sini gadis berjilbab dan pakaian muslim menyebar, indahnya, mengharukan, tak terasa hati ini bergetar keras dan air mata berlinang, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, gema takbir bersahutan di sana sini, saat para Qori dan para hafiz melantun ayat-ayat Allah. Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.
Oya ada yang menarik, karena bersipat umum MTQ Internasional ke X menjani unik, karena ada seorang qori Tunanetra dari Maroko, bersaing dengan yang bisa melihat, rasanya memang tidak adil, tapi usaha sudah dijalankan. Dan yang lucunya lagi, waktu pembagian sertifikat keikut sertaan, sertifikat peserta dari Indonesia ke tukar dengan peserta dari Iran, nah repotnya setelah pembagiannya sertifikat dan souvenir, semua membubarkan diri termasuk panitia. nah kita dari Indonesia berusaha mencari peserta dari Iran, di tanya ke sana ke mari ga ketemu juga, sampai peserta Indonesia harus kembali ke Hotel Cosmos (tempat peserta tinggal )  sertifikat itu masih ke tukar.

Di luar kekurangan itu, hasilnya sukses luar biasa, bahkan ketika pengumuman, seperti pemberian piala dunia sepak bola, ada bendera suporter segala dan tembakan kertas warna warni saat pembagaian hadiah selesai.

Di bawah ini pengumuman panitia MTQ Internasional ke X tersebut :
On June 21st, 2009 at 14.30 in Moscow in the concert hall “Korolevsky” (the underground station «VDNH», further ground transport (troll. 13, 69 up to st. “Ostankinskaya television tower”), Academica Koroleva st., 15) under patronage of chairman of Russia muftis Council mufti sheikh Ravil Gaynutdin with the support of the Secretary General of the Organization of the Islamic Conference Dr. Ekmeleddin Ikhsanoglu X Moscow International Quran Reciting Competition will take place.
The best readers of the Quran from Russia, Kazakhstan, Malaysia, Kingdom of Saudi Arabia, Finland and other countries will take part in the Competition. The Competition will be held in two nominations: Knowledge of the whole text of the Holy Quran by heart (hifz) and reciting of the Holy Quran by muzhaf (tilawa).
Visitors and participants of the anniversary Competition will witness colourful laser show, staging, and master-class on reading of the Holy Quran by Jury members.
Upon termination of Competition press conference will be held with participation of the chairman of Russia muftis Council (RMC) mufti sheikh Ravil Gaynutdin, the chairman of the jury and the winners of the Competition will take place.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar