Selasa, 21 Desember 2010

SIAPAKAH PENEMU BOLA LAMPU?

Siapa yang menemukan bola lampu? Tidak, ini bukan Thomas Edison. Light bulbs - dalam lampu listrik tertentu's Starr - yang digunakan 50 tahun sebelum Edison diterapkan untuk paten pada tahun 1879. Selain itu, penemu Inggris Joseph Swan dianugerahi paten bohlam tahun sebelumnya. Edison melanjutkan untuk mendapatkan uang besar dari bola lampu tapi Swan Edison digugat atas pelanggaran dan menang. Sebagai bagian dari penyelesaian tersebut, Edison terpaksa mengambil Swan sebagai mitra, tetapi kemudian membelinya di perusahaan yang menjadi General Electric.

pada tahun 1883,Kantor Paten Amerika Serikat memutuskan bahwa paten Edison pada bola lampu mungkin telah didasarkan pada William Sawyer dan tidak valid. Ini tidak berarti bahwa Edison mencuri gagasan: ada banyak contoh orang yang berbeda memikirkan konsep yang sama di lebih-atau-kurang waktu yang sama.

 Thomas Alva Edison (1847 - 1931) jelas bukan orang malas. Ia mengajukan 1.093 paten, termasuk untuk kereta api listrik dan kamera film. Ketika ia meninggal pada tahun 1931, ia memegang 34 hak paten untuk telepon, 141 untuk baterai, 150 untuk telegraf dan 389 paten untuk lampu listrik dan kekuasaan. Tidak seperti Leonardo da Vinci yang pernah dibangun penemuan ia merancang, Edison bukan hanya teori besar. Dia menciptakan istilah: "Genius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat" Dia juga berkata: "Tidak ada peraturan di sini.. Kami mencoba untuk bekerja selesai .



lampu Listrik: 1878 penemuan Joseph Swan's (kiri) dan bola lampu Thomas Edison tahun 1879.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar